Yang Harus Dilakukan Syahrini Saat Pulang ke Indonesia Setelah Resmi Nikah

20

Forbes – Syahrini dan Reino Barack memilih Tokyo, Jepang, sebagai tempat pernikahan mereka. Keduanya menggelar akad nikah di Masjid Tokyo Camii pada Rabu (27/2/2019) dengan dihadiri hanya keluarga dan kerabat dekat.

Setelah akad nikah di masjid tersebut, kabarnya Syahrini dan Reino Barack menggelar resepsi kecil di sebuah hotel di Tokyo. Dan lagi-lagi hanya orang-orang terdekat keduanya yang bisa datang ke pesta pernikahan tersebut, tanpa ada media.

Belum diketahui kapan Syahrini dan Reino Barack kembali ke Tanah Air setelah resmi menikah. Namun pastinya setelah pulang ke Indonesia, ada hal yang wajib dilakukan pasangan pengantin baru tersebut.

Sesuai dengan Pasal 56 ayat dua UU No. 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan, pasangan yang melakukan pernikahan di luar negeri harus mendaftarkan pernikahannya ke Kantor Pencatatan Perkawinan sesuai tempat tinggal mereka.

“Dalam waktu 1 (satu) tahun setelah suami isteri itu kembali di Wilayah Indonesia, surat bukti perkawinan harus didaftarkan di Kantor Pencatatan Perkawinan tempat tinggal mereka,” demikian bunyi pasal 56 ayat 2 UU No. 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan.

Saat mendaftarkan pernikahan ke KUA sesuai tempat tinggal, pasangan yang menikah di luar negeri perlu membawa sejumlah dokumen yaitu: bukti bukti pencatatan perkawinan atau akta perkawinan dari negara setempat; paspor Republik Indonesia; dan/atau KTP suami isteri bagi penduduk Indonesia.

Baca Juga:   RAMALAN ZODIAK LEO HARI INI 08 SEPTEMBER 2018
Anda mungkin juga berminat