Turbin Lion Air PK-LQP Tiba di Tanjung Priok

26

Forbes – Tim berhasil mengangkat turbin pesawat Lion Air PK-LQP dari dasar laut, Perairan Karawang, Jawa Barat, Selasa kemarin. Saat ini turbin tersebut sudah berada di JICT 2, Tanjung Priok.

Turbin yang dibawa menggunakan LCU Banda Aceh tiba di Dermaga JICT 2, Tanjung Priok, Jakarta Utara sekitar pukul 08.00 WIB. Kemudian turbin dipindahkan ke dalam area yang terpasang garis polisi menggunakan crane.

Turbin yang merupakan bagian dari mesin pesawat ditemukan dalam keadaan hancur. Kondisinya saat dipindahkan terpisah menjadi beberapa bagian. Turbin berhasil diangkat dari dasar laut dengan kedalaman 30 meter menggunakan air lifting bag (balon pengangkat) di titik sekitar jatuhnya pesawat Lion Air PK-LQP.

“Ini turbin kedua di titik yang sama di lokasi penyelaman tim sar gabungan. Dengan kedalaman 30 meter,” ujar Komandan Satuan Kapal Amfibi Koarmada I Kolonel Kaut (P) Bambang Trijanto, di lokasi, Rabu (7/11/2018).

Bambang menjelaskan proses penyelaman masih terus dilakukan hingga saat ini. Penemuan terbaru para tim penyelam Dinas Penyelamatan Bawah Air (Dislambair) Koarmada I sudah melihat serpihan dari kokpit pesawat dan direncanakan akan diangkat siang ini.

“Jadi kegiatan hari ini sama seperti kemarin, seluruh tim penyelam gabungan sudah di lokasi. Hari ini Dislambair Kolonel Monang, berencana mengangkat serpihan kokpit pesawat, kita doakan saja dari balik serpihan kokpit yang rencananya pagi ini kami angkat semoga ada ditemukan CVR karena sinyalnya hilang timbul dan sangat lemah,” ucapnya.

Baca Juga:   Sindir Jubir 'Gemuk' Jokowi-Ma'ruf, PKS: Makin Banyak Makin Rumit
Anda mungkin juga berminat