Tim Cook, Bos Apple ‘Miskin’ yang Gila Kerja

43

Forbes – Tak seperti bos perusahaan teknologi kebanyakan yang sangat berlimpah kekayaannya, CEO Apple Tim Cook malah terbilang ‘miskin’ di antara mereka.

Menurut Equilar, dikutip dari Business Insider, Selasa (6/11/2018), setidaknya Cook memiliki kekayaan hanya USD 625 juta atau setara Rp 9,2 triliun. Memang sangat banyak, tapi tak ada apa-apanya dibanding Mark Zuckerberg, Larry Page, atau Jeff Bezos yang hartanya puluhan miliar dollar.

Bicara soal kepemilikan saham di Apple, Cook juga tak begitu dominan. Ia hanya mempunyai saham sekitar 1%. Padahal, Apple berhasil ia antar menjadi perusahaan publik AS paling bernilai di dunia sampai USD 1 triliun (Rp 15 kuadriliun), meski sekarang sudah sudah agak menurun.

Sekadar informasi, selain bekerja untuk Apple, pria berkacamata ini juga anggota dewan direksi Nike. Di sana, Cook memiliki opsi kepemilkan saham senilai USD 3,4 juta.

Kekayaan bersih Cook memang bisa lebih dari angka-angka di atas bila ditambah dengan nilai properti yang dimilikinya, porfolio investasi, dan harta lainnya yang tak pernah terungkap ke publik.

Cook yang merupakan putra dari pekerja galangan kapal dan karyawan farmasi ini saat naik takhta jadi CEO pada 2011 digaji USD 900 ribu. Pada 2017, gajinya sebagai nakhoda perusahaan naik hingga USD 3 juta.

“Saya suka diingatkan dari mana saya berasal dan menempatkan diri di lingkungan yang sederhana untuk membantu saya melakukan itu. Uang bukanlah motivasi bagi saya,” ucap Cook.

Pria berumur 58 tahun menghabiskan sebagian besar waktunya di kantor. Aktivitasnya sehari-harinya dimulai bangun jam 3.45 pagi untuk mulai membaca dan menanggapi email yang masuk.

Ia juga sering dinas ke luar kota. Apple menganggarkan USD 93.109 tahun lalu untuk biaya pesawat pribadi Cook jika dia perlu bepergian.

Baca Juga:   Zuckerberg Larang Petinggi Facebook Pakai iPhone, Kenapa?

Kehidupan Pribadi

Cook punya hobi yang jauh dari hingar bingar kehidupan malam atau pesta. Ia gemar melakukan olahraga, seperti gym, naik gunung, dan bersepeda. Setiap jam 5 pagi, ia pergi ke gym yang bukan difasilitasi oleh Apple, melainkan tempat gym yang berbeda.

Suksesor Steve Jobs ini rupanya juga menyayangi keponakannya. Bahkan, Cook yang mengaku sebagai gay dan tidak memiliki anak ini membayar biaya pendidikan perguruan tinggi untuk keponakannya itu.

Selain itu, ia punya nazar, bila nanti ia menghembuskan nafas terakhirnya, Cook berencana untuk memberikan semua uangnya untuk kegiatan amal.

“Anda ingin menjadi kerikil di kolam yang menciptakan riak untuk perubahan,” tutur dia pada tahun 2015 lalu.

Di samping itu, Cook pun cukup aktif menyumbang dana untuk tujuan politik. Tercatat, dana kegiatan politik Barrack Obama dan Hilary Clinton ada yang bersumber dari dirinya.

Anda mungkin juga berminat