Susi Gandeng TNI Amankan Sumber Daya Laut RI

64

Forbes –¬†Pemerintah terus melakukan usaha dan upaya untuk memajukan sektor kelautan dan perikanan. Hal tersebut dilakukan untuk mengawal visi misi pemerintah menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Demi mendorong hal tersebut Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melakukan kerja sama dengan TNI. Kerja sama tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara kedua belah pihak.

Kerja sama yang dilakukan antara KKP dan TNI untuk memperkuat ketahanan pangan dan pengamanan sektor kelautan dan perikanan. MoU ini akan berlaku hingga lima tahun mendatang.

MoU ditandatangani pada Senin pagi (11/2/2019) di Kantor KKP, Jakarta Pusat. Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastutidan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menandatangani MoU tersebut.

“Kita semua bertekad untuk laksanakan sinergi. Negara kita itu kaya raya, dari dasar laut hingga pucuk gunung kita adalah negara kaya, kita harus bisa menjaga dan mengelolanya dengan baik,” kata Hadi dalam sambutannya.

Susi merespons dengan baik kerja sama ini, menurutnya sumber daya laut Indonesia sangat kaya. Terlebih lagi wilayah laut di Indonesia cakupannya luas.

“Nilai yang ada di laut kita itu kaya raya, sumber daya energi, tambang, ikan, air dan sebagainya. 70% NKRI itu laut, jadi laut wajib dijaga kedaulatannya maka kerja sama ini harus ditingkatkan, karena di laut lah kesempatan anak bangsa,” ungkap Menteri Susi.

Baca Juga:   Gempa M 4,2 Terjadi di Kabupaten Wajo Sulawesi Selatan
Anda mungkin juga berminat