Satgas Antimafia Bola Sebut Ada Banyak Wasit Terlibat Pengaturan Skor

24

Forbes – Satgas Antimafia Bola bentukan Mabes Polri terus melakukan penelusuran dugaan pengaturan skor dalam sepakbola Indonesia. Sejumlah nama telah ditetapkan sebagai tersangka.

Wakil Ketua Satgas Anti Mafia Bola, Brigjen Pol Krishna Murti menuturkan, para pengatur skor melibatkan wasit untuk memuluskan aksinya. Menurut Krishna, ada banyak wasit yang diduga terlibat kasus pengaturan skor. Menurutnya, ada wasit yang terlibat karena kemauannya sendiri. Ada pula wasit yang terpaksa terlibat karena takut. Kemudian ada wasit yang tahu praktik pengaturan skor tapi tidak terlibat aktif.

“Ada beberapa wasit, kami berita acara mereka. Dari berita acara mengatakan beberapa dari mereka terpaksa terlibat, ikut terlibat karena sukarela, ada yang karena takut. Ada yang mereka tahu tapi tidak terlibat,” ujar Krishna di Sleman, Kamis (10/1).

Krishna tidak secara spesifik menyebut jumlah wasit yang terlibat. Menurutnya, untuk membongkar praktik suap dalam pengaturan skor, pihak Satgas Antimafia Bola menjalin kerjasama dengan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK). Kerjasama ini dilakukan untuk menelusuri aliran dana suap dalam pengaturan skor.

“PPATK sedang berjalan. Aliran dana ada. Kita membaca antar mereka yang terlibat. Ada aliran dana beberapa kasus dipasalkan pasal pencucian uang,” ucap Krishna.

Baca Juga:   TKN: Bila Ratna Sarumpaet Tak Jujur, Propaganda Firehose of Falsehood Sempurna
Anda mungkin juga berminat