Puting Beliung Rusak Ratusan Rumah di Kabupaten Bandung

18

Forbes – Ratusan rumah di Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung, rusak disapu angin puting beliung, Jumat (11/1) pukul 15.30 WIB. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Angin puting beliung menerjang sejumlah kawasan di Kabupaten Bandung Perumahan Rancaekek Permai 2, Kampung Babakan Jawa, Perumahan Kencana, Kampung Sapan, dan Kampung Ciherang.

Akibat amukan angin, atap dan genteng rumah milik warga rusak berserakan. Di antaranya puluhan rumah milik warga di perumahan Rancaekek Permain 2.

Seorang warga Nazmi (27) mengatakan, angin puting beliung yang mengamuk di Kecamatan Rancaekek, terjadi dalam waktu 15 menit disertai hujan dan awan hitam.

“Saya lihat jelas, angin datang dari arah timur dan selatan,” kata Nazmi di perumahan Rancaekek Permai 2.

Warga tampak berhamburan ke luar rumah untuk menyelamatkan diri, beberapa yang lainnya bergotong royong membersihkan puing-puing bangunan yang tersapu angin.

Camat Rancaekek Baban Banjar mengatakan terdapat tiga desa yang terdampak angin puting beliung. Ratusan rumah rusak akibat peristiwa tersebut.

“Jumlah rumah yang rusak ratusan, yang berada di tiga desa di antaranya Desa Jelegong, Bojongloa dan Rancaekek Kencana,” kata Camat Rancaekek Baban Banjar via telpon.

Dia menuturkan kerusakan rumah kebanyakan menimpa Desa Jelegong. Rata-rata angin puting beliung ini merusak atap rumah warga.

“Jelegong jumlah rumah yang rusak ratusan, saat ini kami sedang melakukan pendataan karena belum semua wilayah terkontrol. Petugas sudah di lapangan,” ungkap dia.

Menurutnya tidak ada korban jiwa dalam insiden ini. Sementara sejumlah warga yang mengalami luka ringan sudah ditangani. “Saya sudah pantau langsung ke TKP, belum semua wilayah terpantau,” ujar dia.

Sementara itu, angin puting beliun juga menerjang puluhan rumah di Desa Muktijaya, Kecamatan Cilayamaya Kulon, Kabupaten Karawang.

Baca Juga:   Terlibat Korupsi & Narkotika, 5 ASN Singkawang Dipecat Tidak Hormat

Rinciannya, 6 unit rumah rusak berat dan 29 rumah mengalami rusak sedang. Kerusakan terbanyak berada di Dusun Kopo Timur sebanyak 25 unit rumah. Sedangkan Dusun Tegaljaya terdapat 10 rumah rusak.

“Mayoritas kerusakan pada bagian atap. Menurut kesaksian warga, angin muncul sekitar tengah hari,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Karawang, Anyang Saehudin saat dikonfirmasi via telepon.

Anda mungkin juga berminat