Protes pada HBO, Janet Jackson Tolak Tampil di Hall of Fame

42

Forbes – Penyanyi Janet Jackson yang seharusnya masuk dalam Rock & Roll Hall of Fame pada akhir pekan lalu, menyatakan penolakannya untuk tampil di acara tersebut.

Melansir NME, dilaporkan bahwa Jackson menolak tampil sebagai bentuk protesnya kepada HBO yang terlibat dalam Rock Hall. Seperti diketahui, HBO menjadi stasiun televisi yang menayangkan dokumenter kontroversial ‘Leaving Neverland’, di mana dua orang pria menuduh mendiang kakaknya, Michael Jackson, sebagai seorang pelaku pelecehan seksual.

Variety mengatakan, sebuah sumber memastikan Jackson berpihak kepada keluarga besarnya, yang membantah habis-habisan semua tuduhan pelecehan itu. “Jackson menolak berpartisipasi dalam upacara penerimaan karena acara tersebut akan ditayangkan oleh HBO, saluran yang menampilkan ‘Leaving Neverland‘,” ujar si sumber.

Sebagai tambahan, menurut Variety, perwakilan untuk Janet Jackson, HBO dan Rock Hall ternyata ‘belum menanggapi permintaan komentar tentang permusuhan antara penyanyi dan jaringan televisi tersebut’.

Namun Jackson disebut tetap hadir di acara, di mana ia memberi pidato penerimaan yang mendorong Rock Hall untuk memasukkan lebih banyak wanita.

Disambut oleh Janelle Monae di atas panggung di Barclays Center di New York, Jumat (29/3) lalu, Jackson menyampaikan rasa terima kasihnya kepada teman, keluarga dan para kolaborator terdekat. Sekali lagi ia mengingatkan bahwa Rock Hall ‘butuh’ lebih banyak perempuan.

Sebenarnya Jackson berhak masuk Rock Hall sejak 2007 lalu, dan kini ia telah bergabung bersama saudara-saudara lelakinya. The Jackson 5 mendapat penghargaan serupa pada 1997, sementara Michael Jackson menerima cap sebagai artis solo pada 2001.

“Pada 1997, saudara-saudara lelakiku dikenal karena gairah bermusik mereka, masuk Rock & Roll Hall of Fame. Saya amat sangat bangga. Seperti yang kau lihat di video-video, saya selalu mengganggu waktu latihan mereka. Saya selalu ada, selalu bersama mereka,” kata Jackson.

Baca Juga:   The Sacred Riana Maju ke Babak Live Show America's Got Talent
Ia juga menyebut beberapa nama musisi veteran seperti Questlove, Paula Abdul, Dick Clark dan Don Cornelius, serta tak lupa pada Jimmy Jam dan Terry Lewis. Jackson bahkan meminta mereka untuk berdiri dari kursinya.

“Bisakah kalian berdiri sejenak? Di pertengahan tahun 1980-an, kau datang ke A&M Records dan kau ditanya jika ada artis yang ingin kau produseri. Kalian bilang Janet. Itu cerita sesungguhnya. Kalian sudah seperti dua ayah saya dan bahkan lebih dari itu,” ungkap Jackson.

Memulai karier dengan tampil dalam program televisi Jackson 5, ‘The Jacksons‘ di usia yang baru menginjak tujuh tahun, Jackson serius bernyanyi pada 1982 di usia 18 tahun dengan merilis album self-titled. Kehadirannya itu menjadi kejutan kala ia mendapatkan multi-platinum pada 1986 untuk penjualan album ‘Control‘. (rea)

Anda mungkin juga berminat