Lawan Pelecehan Seks, Louis Vuitton Tarik Koleksi Bertema Michael Jackson

22

Forbes – Louis Vuitton memastikan akan menarik koleksi busana prianya yang bertema Michael Jackson. Langkah ini diambil menyusul penayangan film dokumenter tentang anak-anak korban pelecehan seksual yang diduga dilakukan oleh sang Raja Pop.

“Saya sadar, film ini telah menimbulkan berbagai reaksi emosional. Saya sangat mengutuk segala bentuk kekerasan terhadap anak dan tindakan yang bertentangan dengan hak asasi manusia,” ujar Virgil Abloh, direktur artistik busana pria Louis Vuitton, dalam pernyataan resminya kepada WWD.

Film tersebut berjudul ‘Leaving Neverland’ yang diproduksi oleh HBO. Berdurasi empat jam, film ini mengangkat testimoni mereka yang ketika kanak-kanak pernah dilecehkan secara seksual oleh Michael Jackson di Neverland. Neverland adalah sebutan untuk kediaman Michael yang megah seperti taman hiburan.

Lawan Pelecehan Seks, Louis Vuitton Tarik Koleksi Bertema Michael Jackson

Film ini sudah diputar perdana di Sundance Film Festival pada 25 Januari lalu atau sepekan setelah Louis Vuitton mempresentasikan koleksi busana pria bertema Michael Jackson di Paris Fashion Week.

“Kami melihat semua tuduhan di film dokumenter tersebut sangat mengganggu dan mengerikan. Keamanan dan kesejahteraan anak-anak sangat penting bagi Louis Vuitton. Kami berkomitmen penuh dalam hal ini,” ujar CEO Louis Vuitton Michael Burke. Atas alasan tersebut, Louis Vuitton akhirnya memutuskan untuk menarik koleksi Fall/Winter 2019.

Untuk koleksi itu, Virgil mengaku memang terinspirasi oleh Michael Jackson sebagai sosok seniman legendaris dalam sejarah budaya pop.

Lawan Pelecehan Seks, Louis Vuitton Tarik Koleksi Bertema Michael Jackson

Koleksi tersebut terdiri dari kaus hitam bergambar sepatu lancip penuh berlian milik Michael yang ikonis, lalu pilihan outerwear yang mirip kostum konser pelantun ‘Beat It’. Tata panggungnya pun dibuat dalam nuansa jalanan Manhattan, New York City, seperti di video klip ‘Billy Jean’.

“Koleksi ini hanya mengacu pada pribadi Michael yang dikenal oleh masyarakat dan warisannya yang telah menginspirasi seniman dan desainer dari segala generasi,” ujar Virgil yang juga dikenal sebagai pendiri label Off-White itu.

Baca Juga:   Lagi, pemimpin ISIS Afghanistan 'terbunuh dalam serangan udara' AS
Anda mungkin juga berminat