Erix ‘Soekamti’: Sebelum Ada RUU Permusikan Musisi Sudah Terbiasa Mandiri

46

Forbes – Sebagai musisi, Erix ‘Soekamti’ mengatakan sebenarnya tanpa adanya undang-undang pun para musisi indie sudah terbiasa untuk mandiri.

Yang dimaksudkan adalah para musisi telah memproduksi musiknya sendiri tanpa ada campur tangan dari label rekaman besar.

Hal itu disebutkan Erix ‘Soekamti’ dalam surat terbuka yang diunggahnya di akun Instagram.

“Sebelum ada RUU Permusikan pun kita sebagai musisi Independen sudah terbiasa mengerjakan segala sesuatunya sangat mandiri & tidak tergantung. Kami terbiasa mengatasi keterbatasan dan mengerjakan segala sesuatu dari hulu ke hilir dengan mandiri & merdeka,” tulisanya dilihat pada Selasa (12/2/2019).

“Banyak yang bisa kami kembangkan, bahkan melakukan banyak hal yang tidak bisa dilakukan label-label atau industri besar musik,” sambungnya.

Untuk itu, menurut Erix, bila saat ini musik hendak diatur dalam undang-undang, ia mengaku hal itu tergantung isi dan kebutuhannya.

Dalam suratnya itu, ia juga menambahkan bahwa pemangku kepentingan tidak akan mengetahui apa yang benar-benar dibutuhkan para pelaku musik apabila belum mendengarkan suara dari semua pihak.

“Lantas apa pentingnya undang-undang? Tergantung isinya & kebutuhannya. Seberapa urgent? Kita nggak akan tahu sebelum semua pihak dilibatkan & didengarkan,” katanya.

Baca Juga:   Istana Presiden Korea Selatan Ikut Rayakan Kesuksesan BTS
Anda mungkin juga berminat