Bom Era PD II Diledakkan di Sungai Jerman, Picu Semburan Air Raksasa

38

Forbes – Sebuah bom bekas Perang Dunia II ditemukan di dalam sebuah sungai di wilayah Frankfurt, Jerman. Bom bekas perang itu berhasil diledakkan dengan aman pada Minggu (14/4) waktu setempat, setelah evakuasi besar-besaran dilakukan.

Seperti dilansir CNN, Senin (15/4/2019), bom seberat 250 kilogram itu ditemukan di Sungai Main oleh petugas pemadam kebakaran yang sedang ikut serta dalam latihan menyelam pada Jumat (12/4) waktu setempat. Sungai Main diketahui merupakan anak sungai dari Sungai Rhine, salah satu sungai besar di kawasan Eropa.

Sekitar 600 warga dievakuasi sebelum upaya penanganan terhadap bom dilakukan. Bom tersebut dilaporkan berasal dari era Perang Dunia II.

“Saya ingin berterima kasih kepada semua relawan atas profesionalisme dan keterlibatan mereka — Dan semua warga yang terpaksa meninggalkan apartemen-apartemen mereka atas kerja sama dan kesabaran mereka,” ucap Wali Kota Frankfurt, Peter Feldmann.

“Terima kasih saya kepada semua fasilitas di kota ini, yang memberikan tiket masuk gratis ke museum-museum terbuka, taman palem dan kebun binatang,” ucap Feldmann dalam konferensi pers.

Otoritas setempat menyatakan bahwa para pakar penjinak bom akhirnya meledakkan bom bekas perang itu di dalam sungai, dengan aman, pada Minggu (14/4) pagi waktu setempat. Aktivitas meledakkan bom ini sempat menjadi tontonan warga dari kejauhan.

Semburan air raksasa sempat muncul saat para petugas meledakkan bom bekas perang ini.

Tahun 2017 lalu, sekitar 60 ribu orang dievakuasi saat sebuah bom bekas perang ditemukan di lokasi pembangunan proyek di Frankfurt. Bom seberat 1,4 ton yang ditemukan saat itu disebut jenis ranjau udara HC 4000, mirip dengan yang digunakan Inggris pada era perang.

Baca Juga:   Joe-4, Bom Hidrogen Soviet yang Ternyata Dikembangkan oleh Pria Kontra-Revolusioner
Anda mungkin juga berminat